Sabtu, 19 November 2011

Tingkat Kecerdasan


Nama                    : AFRIANTI MUIS
Kelas                     : 3.B
NRP                       : 09.04.267


A.      SKALA KECERDASAN INTERPERSONAL
NO
  Pernyataan-pernyataan
  Sering
    kali
Kadang-  kadang
  Jarang
  Tidak   pernah
  1*
Saya kurang bisa memahami teman-teman saya

X


  2*
Saya agak sulit untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan social

X


  3*
Saya merasa sungkan untuk berada di lingkungan baru


X

  4
Saya senang berinteraksi dengan orang banyak
X



  5
Saya merasa memiliki kemampuan untuk berhubungan dengan orang-orang

X


  6
Saya mudah memahami perasaan orang-orang


X

  7
Saya bias berhubungan social dengan orang lain secara baik
X



  8
Saya mampu menangani konflik yang terjadi dalam kehidupan social saya


X

  9
Saya memiliki teman-teman yang mendukung saya
X



 10
Saya sering menjadi tempat berkeluh-kesah (curhat) bagi teman-teman saya
X



 11
Saya memahami bagaimana cara menciptakan dan menjalin hubungan social yamg efektif

X


 12
Saya berusaha bersikap asertif untuk mengungkapkan pendapqat saya

X


   13*
Saya sungkan untuk mengatakan tidak pada orang lain jika mereka meminta sesuatu yang sebenarnya sulit bagi saya


X


 14
Saya berusaha melihat perspektif orang lain berdasarkan sudut pandang orang tersebut


X

 15
Saya merasa teman-teman banyak yang membutuhkan saya

X


 16
Jika saya tidak ada, teman-teman saya banyak yang mencari tau tentang keberadaan saya
X



 17
Saya suka berada dalam lingkungan social yang baru

X


 18
Saya jarang terlibat konflik dengan teman-teman/ orang-orang did ala lingkungan social


X

 19
Jika berhadapan dengan konflik interpersonal, maka saya berusaha memahaminya dari perspektif orang tersebut

X


 20
Saya mampu mencairkan suasana yang kaku dalam pergaulan social yang saya temui

X


 21
Menurut teman-teman, saya orang yang menyenangkan
X



 22
Menurut teman-teman, saya merupakan orang yang memiliki rasa empati yang tinggi terhadap orang lain


X


 23
Menurut teman-teman, saya adalah orang yang memahami penderitaan orang lain

X


 24
Menurut temna-teman, saya adalah seorang pendengar yang aktif
X



 25
Menurut teman-teman, saya adalah orang yang mampu memotifasi orang lain

X


26*
Saya banyak mengalami konflik dengan orang lain

X


27*
Saya selalu berusaha untuk memperoleh keuntungan pribadi dalam setiap situasi interpersonal



X

28*
Saya selalu berusaha mempengaruhi pendapat orang lain


X

29*
Saya suka mengkritik pendapat orang lain untuk kepuasan hati saya



X
30*
Saya tidak yakin apakah orang-orang menyukai saya


X



Skoring
Menjumlahkan semua jawaban dengan mengikuti petunjuk penskorannya. Untuk nomor item tanpa bintang jawaban sering kali = 3, jawaban kadang-kadang = 2, jawaban jarang = 1, dan jawaban tidak pernah = 0. Sedangkan pada item dengan tanda bintang maka skoringnya menjadi jawaban seringkali = 0, jawaban kadang-kadang = 1, jawaban jarang = 2, jawaban tidak pernah = 3.
Setelah menjumlahkan semua skor maka slanjutnya membandingkan dengan norma di bawah ini.
70 – 90 = Tinggi
40 – 69 = Sedang
39 –   0 = Rendah
                Setelah mengisi table yang telah tersedia diatas yang berisi pernyataan-pernyataan tentang kecerdasan interpersonal, maka selanjutnya menjumlahkan hasil skor secara keseluruhan. Dari penjumlahan skor menunjukkan bahwa saya memperoleh skor 59. Jika dibandingkan dengan ketentuan yang telah ditetapkan maka hasilnya saya berada pada kategori “sedang” (40-69).
Dari hasil skor secara keseluruhan, dapat menunjukkan tingkat kecerdasan interpersonal saya. Hasilnya menunjukkan bahwa saya adalah tipe orang yang memiliki kecerdasan interpersonal dalam kategori rata-rata seperti kebanyakan orang pada umumnya, artinya cukup baik dalam membangun hubungan social. Terkadang juga saya sering tidak percaya diri akan diri saya sendiri sehingga mengakibatkan saya biasanya kurang memiliki hubungan social yang baik, tetapi dalam hal tertentu, seperti membangun hubungan social dengan orang-orang yang menurut saya yang dapat membuat saya tidak merasanya nyaman dengan lingkungan yang batu. Tetapi saya lebih dominan dapat membangun hubungan social yang baik.Kemampuan saya dalam mempertahankan relasi social bisa dikatakan cukup, mampu berempati dengan orang lain disekitar saya, sekalipun terkadang sesekali masih mementingkan diri sendiri. karena Dari hasil tersebut juga menunjukkan bahwa saya memiliki keterampilan komunikasi dalam kategori cukup, sehingga masih sangat perlu untuk ditingkatkan lagi agar dapat lebih meningkatkan hubungan social saya dengan lingkungan. Hasil akumulasi skor tersebut juga menunjukkan bahwa saya adalah tipe orang yang terkadang sulit mendengarkan orang lain, tetapi lebih sering menilai orang lain. Saat terlibat dalam pembicaraan masih saja sering lupa diri sehingga bisa menyinggung perasaan orang lain, misalnya mengucapkan kata-kata yang tidak mengenakkan bagi orang lain sehingga dapat menyinggung perasaan orang, sekalipun bagi saya itu bukan menjadi suatu masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar